Parkinson Disease

Penyakit Parkinson

 

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang menyerang substansia nigra via traktus dopaminergic yang mempengaruhi sel-sel GABAergic pada corpus striatum. Penyebabnya adalah seringkali karena disposisi herediter pada pertengahan usia tua (separuh baya) yang disebabkan oleh penurunan dopaminergic neurons di substansia nigra. (à B1). Selanjutnyadisebabkan oleh trauma (e.g boxers), inflamasi (encephalitis), sirkulasi yang rusak (atherosclerosis), tumor dan keracunan (khususnya karena CO, mangan, 1-methyl-4-phenyl-1,2,3,6-tetrahydropyridine (MPTP), dimana karena sesekali penggunaan atau substitusi dari heroin). Destruksi sel mungkin terjadi pada bagian tertentu karena apoptosis, superoxides yang memainkan peran penting sebagai penyebabnya. Dari gejala yang terjadi, lebih dari 70 persen sel saraf (neurons) pada substansia nigra mengalami kerusakan.

Hilangnya sel-sel di substansia nigra menurunkan kesesuaian innervasi dopaminergic dari striatum (à B1). Hal ini penting, yang pertama dari semuanya, untuk menghambat glutamanergic neurons pada nucleus subtalamic dan kemudian meningkatkan aktivasi dari bagian internal palidum dan dari bagian reticulate dari substansia nigra. Kedua, dopaminergic mengaktivasi dari pemutusan striatal neurons. Hal ini secara normal diatur untuk menghambat sel-sel saraf pada substansia nigra dan bagian internal dari palidum.Secara bersamaan, proses ini pada akhirnya memimpin terjadinya penghambatan secara berlebih dari thalamus.

Inhibisi dari thalamus menekan atau mencegah voluntary movement (à B2). Pasien kesulitan untuk mengawali gerakan atau dapat dilakukan jika hanya ada stimulus dari luar (hypokinesia). Tonus otot meningkat dengan pesat (rigor). Ditambah lagi, adanya resting tremor (4-8 per detik) adalah umum, dengan pergerakan yang bergantian khususnya pada tangan dan jari-jari (pergerakannya sama dengan bila kita menghitung uang). Hypokinesia memiliki ciri khusus  memaksa pasien untuk mengadopsi bent posture (postur yang melengkung) dengan lengan dan tungkai yang sedikit menyudut. Ini juga menyebabkan kekakuan ekspresi wajah, mikrografia, lembut, monoton dan kesulitan berbicara. Pada akhirnya, gangguan yang lain muncul, seperti contoh meningkatnya salvias (produksi air liur), depresi dan demensia. Ini disebabkan oleh lesi tambahan (kematian sel saraf pada nucleus dari raphe bagian tengah, dari locus coeruleus atau dari nervus vagus).

            Pada perawatan penyakit Parkinson (à B3) adalah berusaha untuk membuat peningkatan formasi dopamine dari sel-sel saraf nigrostriatal dengan mengurus L-dopa, pelopor dari dopamine (dimana tidak dapat melewati darah sendiri—brain barrier). Amphetamines dapat distimulasi dengan pelepasan dopamine yang sama baiknya dengan menghambat pengambilan kembali dopamine pada penghantaran saraf yang terakhir. Hal ini juga meningkatkan konsentrasi synaptic dari dopamine. Pada akhirnya, dopamine gagal menunda penghambatan dengan inhibitors oleh monoaminooxidase (MAO inhibitors) atau efek dopamine dapat serupa dengan dopamine-drug.

            Ditambah lagi, untuk meningkatkan formasi dari dopamine atau efeknya, transpalasi dari dopamine untuk memproduksi sel sel ke dalam striatum dapat dicoba dengan tujuan untuk meningkatkan dopamine lokal. Gejala dari penyakit Parkinson dapat meningkat dengan menghambat cholinergic neurons pada striatum. Neuron-neuron ini menstimulasi neuron striatal yang secara normal dihambat oleh dopamine.

            Glutamat antagonist dan lesi dari nucleus subtalamikus atau bagian internal dari palidum dapat juga menyebabkan tidak terhambatnya dari thalamus, dan kemudian meningkatkan gambaran klinis dari penyakit ini. Percobaan yang lain juga dilakukan untuk membuat penundaan dari kematian apoptotic dari neuron nigrostriatal dengan aktivitas dari antioxidatively drug yang berarti dan faktor pertumbuhan.

About wahyu

A blog about stroke management

Posted on December 21, 2011, in Medical Therapy. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: